Pemecahan Rekor Permainan Tradisional Cingciripit

Cingciripit

Sebanyak 3.038 Siswa SMP Se-kota Bandung berhasil menorehkan rekor kreatif dalam hal melestarikan permainan anak atau kaulinan barudak. Rekor tersebut masuk dalam catatan Original Rekor Indonesia (ORI) Award untuk kategoru permainan cingciripit dengan peserta terbanyak.

Acara yang diinisiasi ECO Bambu Cipaku bekerja sama dengan Pemerintah  Kota Bandung melalui Dinas Pendidikan tersebut berlangsung meriah. Berbagai macam permainan tradisional anak Sunda  seperti cingciripit, enggrang, sapintrong, serta permainan lainnya digelar dalam acara ini.

Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial yang  berkesempatan hadir dalam acara tersebut mengajak masyarakat kota Bandung untuk terus melestarikan budaya Sunda khusunya kaulinan Budak (Permainan anak).

"Mari kita terus lestarikan kaulinan barudak ini, jangan sampai hilang karena kemajuan zaman," ungkap Oded.

Oded menjelaskan, selain menyenangkan, kaulinan budak Sunda dapat menjadi sarana olah raga yang tentu saja menyehatkan.

"Tentu saja selain menyenangkan, kaulinan budak ini menyehatkan bagi kita. Selain itu dapat melatih otak kanan dan kiri untuk dapat bekerja," jelasnya.

Oded kemudian mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Kota Bandung yang bekerja sama dengan Eco Bambu Cipaku ini.

"Saya sangat  mengapresiasi kegiatan ini, ditengah lahan kita yang semakin padat namun tetap ada yang mempertahakan kaulinan Budak ini" tandasnya.

Sumber: Pikiran Rakyat, 20 Desember 2017
Diberdayakan oleh Blogger.